Contoh Sinopsis Bahasa Indonesia " Jurnal Joe : Online "

Hai kawan saat ini aku mau membagi ilmu dengan kalian ,nih sekarang kan aku mau ngasih tahu tentang Sinopsis nah contohnya kaya gini friends , hmm Contoh Sinopsis Jurnal Joe : Online itu lumayan sulit lho bagaimanaa cara membuat Sinopsis Jurnal Joe : Online itu juga susah dicari ,maka cek it out :D

IDENTITAS BUKU
Jurnal Jo : Online

1.     Judul Buku                           : Jurnal Jo Online
2.     Pengarang                            : Ken Terate
3.     Desain Sampul                     : Yustisea Satyalim
4.     Penerbit & Tahun Terbit       : PT Gramedia Pustaka Utama & Mei 2010
5.     Kota Penerbitan                   : Jakarta
6.     Ukuran Buku                        : 14 cm x 20 cm
7.     Jumlah Halaman                    : 224 Halaman



SINOPSIS
Jurnal Jo : Online

Josephine Wilisgiri, seorang remaja SMP kelas 7 yang sangat aktif dan kritis. Ayahnya, Bapak Bambang Suharso, adalah seorang guru bahasa daerah di tempat Jo bersekolah. Sedangkan ibunya, Ibu Ambar Nurwati, adalah seorang guru Bahasa Inggris di salah satu SMA swasta. Jo memiliki dua adik yang bernama Sophie dan Kevin. Bagi Jo, menjadi anak seorang guru bahasa daerah di sekolahnya bukanlah hal yang menyenangkan. Di rapor semester pertamanya ia mendapat ranking sebelas dengan dua nilai 7 dari mata pelajaran olahraga dan bahasa daerah. Walaupun di mata pelajaran lain ia mendapatkan nilai yang bisa dibilang baik, namun tetap menyakitkan baginya apabila ayahnya sendiri hanya memberikan nilai 7.

Liburan semester satu telah berakhir. Ini berarti bahwa Jo harus kembali bersekolah. Dan program tahunan SMP Jo yaitu “Mari Peduli” akan segera dilaksanakan. Ini adalah sebuah program di mana setiap kelas harus berbuat kebaikan untuk sesama. Bu Ika Nugrahawati atau Bu Ikan selaku wali kelas 7 A memberikan tugas kepada semua siswa termasuk Jo untuk mencari dan mengumpulkan ide tentang “Mari Peduli”. Untung saja Rajiv, sahabat Jo, mau membantu mencari ide.
Dari sekian banyak ide yang terkumpul, Bu Ikan memilih ide Jo yaitu membuat perpustakaan di desa terpencil dan ide Nadine yaitu Pesta Amal. Bu Ikan menggabungkan kedua ide tersebut dengan alasan ide Jo tidak memikirkan cara dan ide Nadine tidak memikirkan tujuan. Bu Ikan juga memutuskan bahwa Nadine adalah ketua satu “Mari Peduli” kelas 7 A dan Jo adalah ketua dua “Mari Peduli” kelas 7 A.
Rapat demi apat terlalui. Mulai dari rapat yang membahas tema, pakaian, nama pesta, lokasi penyumbangan buku, dan cara mengumpulkan dana. Ternyata, semuanya tak selancar yang dipikirkan. Datang sebuah masalah dengan senior yaitu perebutan aula dengan kelas 8C. Untuk menyelesaikan masalah, diadakanlah rapat intensif. Namun sayang, bukannya masalah selesai, tetapi justru bertambah masalah.
Akhirnya Jo menyerah dan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua dua. Ia menceritakan semua kendalanya kepada Bu Ikan. Bu Ikan memanggil Nadine untuk menanyakan tentang “Mari Peduli” kelas 7A. Ternyata Bu Ikan kecewa terhadap Jo dan Nadine. Beliau pun membuat kontrak yang membuat Jo dan Nadine kembali bersatu. Bu Ikan juga berhasil menyelesaikan masalah dengan 8 C tentang perebutan aula. Dan untunglah 8C mau mengalah.
Hari H-nya terjadi beberapa kendala, yaitu soundnya tidak jelas, MC salah-salah ngomong, susunan acara diubah, dll. Untunglah para penyumbang tetap menyumbangkan buku-buku mereka atau uang mereka untuk membantu pendidikan di desa terpencil.
Setelah semua buku dari para penyumbang terkumpul dan rak-rak buku telah dibeli, kelas 7 A siap menyerahkan perpustakaan ke sebuah SD terpencil di Gunung Kidul. Sesampainya di SD Yayasan Bakti, kelas 7 A menyerahkan buku-buku dan rak-rak kepada kepala sekolah SD tersebut. Lalu diakhiri dengan sambutan-sambutan dari para kepala sekolah atau yang mewakili.
Pengumuman lomba “Mari Peduli” telah diumumkan. Meskipun kelas 7 A tidak menang dalam lomba “Mari Peduli”, anak-anak kelas 7 A tetap bahagia karena mereka bisa membantu sebuah sekolah di desa terpencil, mereka juga telah bersatu, damai, dan tak ada lagi permusuhan.


Comments

Popular Posts