Gaya Bahasa Dalam Puisi



Majas - Majas yang sering digunakan pada puisi di antaranya :
  1. Alegori yaitu gaya bahasa yang memperhatikan perbandingan utuh perbandingan itu membentuk kesatuan yang menyeluruh. contoh : mendayung bahtera hidup
  2. Alusio yaitu gaya bahasa perbandingan dengan mempergunakan ungkapan dan peribahasa yang sudah lazim di pergunakan orang contoh : Bergaul dengannya cukup makan hati
  3. Antitesis yaitu pertentangan dengan menggunakan kata-kata berlawanan.
  4. Asosiasi yaitu gaya bahasa perbandingan dengan memperbandingkan sesuatu dengan keadaan yang lain yang sesuai denga keadaan / gambaran dan sifatnya.
  5. Efemisme yaitu  gaya bahasa yang di pakai jika sesorang hendak melukiskan peristiwa atau keadaan dengan cara berlebih-lebihan.
  6. Hiperbola yaitu gaya bahasa yang di pakai jika seseorang hendak melukiskan peristiwa atau keadaan dengan cara berlebih-lebihan.
  7. Ironi yaitu gaya bahasa sindirian yang menyatakan sebaliknya dengan maksud menyindir.
  8. Litotes yaitu gaya bahasa perbandingan yang melukiskan keadaan sesuatu dengan kata-kata yang berlawanan artinya dengan kenyataan yang sebenarnya guna merendahkan diri.
  9. Metafora yaitu majas perbandingan dengan memperbandingkan suatu benda dengan benda yang lain karena mempunyai sifat yang sama atau hampir sama.
  10. Personifikasi yaitu majas yang mebandingkan benda mati atau tidak dagfat bergerak seolah-olah bernyawa.
  11. Pleonasme yaitu penegasan yang mempergunakan sepatah kata yang sebenarnya.
  12. Repetisi yaitu penegasan dengan mengulang sepatah kata berkali-kali dsb.

Comments

Popular Posts