“Pesona Desa Wisata Fauna Burung Kuntul Putih Di Ketingan Yogyakarta”


    Mlati – Desa Ketingan merupakan desa wisata dikawasan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Daya tarik dari Desa Ketingan ialah “Burung Kuntul”. Burung tersebut datang pada tahun 1997 dan Desa Ketingsn diresmikan sebagai desa wisata pada tahun 2005 oleh Sri Sultan HB IX
    Sekilas tentang Burung  Kuntul putih. Burung ini  termasuk dalam  famili Ardeidae. Burung Kuntul Putih ini berbeda dengan Bangau ( Ciconiidae ). Ukurannya  tubuhnya lebih ramping dan sedikit lebih kecil daripada Bangau.  Berkaki dan berleher panjang.  Keistimewaan Burung Kuntul putih saat terbang  lehernya membentuk huruf S. Burung Kuntul ini termasuk dalam satwa unggas yang dilindungi.

    Desa Ketingan merupakan desa yang mempunyai pohon lumayan besar. Pada tahun 1997 Desa Ketingan mulai didatangi Burung-burung Kuntul yang satu persatu hinggap dan tinggal di Desa Ketingan. Kehadiran burung tersebut awalnya tidak disambut baik oleh sebagian masyarakat Desa Ketingan.
    Menurut hasil wawancara saya dengan beberapa masyarakat (termasuk saudara saya). Hasil yang saya dapatkan dari wawancara tersebut ialah sebagian dari mereka berpendapat bahwa pada awal kehadiran burung=burung kuntul tersebut mereka kurang menyukai akan datangnya burung tersebut. Alasan mereka akan pendapat tersebut adalah hadirnya burung tersebut hanya akan membawa dampak buruk seperti kotoran dimana-mana, tidak jarang genting-genting pejah akibat burung yang hinggap dirumah-rumah warga.
    Namun pada tahun 2005 Sri Sultan HB IX memberikan gagasan jika Desa Ketingan lebih baik jika dijadikan sebuah kawasan wisata fauna. Gagasan tersebut disambut baik oleh sebagian masyarakat (www.jojgatrips.com). Setelah gagsan tersebut disetujui, pemerintah D.I.Y langsung mengadakan penyuluhan tentang bagaimana cara menjaga burung kuntul ini agar ekosistemnya tidak rusak setelah penyuluhan tersebut selesai Dsa Ketingsn telah diresmikan sebagai salah sau Desa Wisata dikawasan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Comments

Popular Posts